SHOW MUSIK

Dunia Entertainment

Perkembangan Musik Arab

Sejarah Perkembangan Musik Arab

Musik Arab atau musik Arab (bahasa Arab: موسيقى عربية; Mūsīqā ʿ Arabīyya) adalah musik Dunia Arab. Termasuk beberapa genre dan gaya musik mulai dari bahasa Arab klasik musik pop Arab dan dari musik sekuler suci. musik Arab, sedangkan independen dan sangat hidup, memiliki sejarah panjang interaksi dengan banyak gaya lainnya regional dan genre musik. Ini adalah campuran dari musik dari Arab di Semenanjung Arab dan musik dari segala bangsa yang membentuk hari ini Dunia Arab. Seperti halnya dalam bidang artistik dan ilmiah lainnya. Arab diterjemahkan dan teks Yunani dikembangkan dan karya-karya musik dan menguasai teori musik Yunani (yaitu Systema ametabolon, enharmonium, chromatikon, diatonon).
Musik Arab berkembang sejak abad ke-3. Musik Arab erat hubungannya dengan agama islam. Secara geografis, perkembangan music Arab berkembang baik di Negara-negara Libya, Mesir, Palestina, Libanon, Syria, Irak, dan Persia(Iran). Saat ini music Arab mulai dikenal dan digemari di Indonesia, Misalnya, Lagu yang dimainkan oleh grup-grup music nasyid .
Para penyanyi Arab dewasa ini mengambil melodi, ritme, instrumentasi, dan gaya menanyi tradisional yang dipadukan dengan gaya pop Barat. Tema-tema yang digunakan hamper senada, meliputi bagian ragam kehidupan manusia, seperti masalah percintaan, keluargaan, dan lingkungan hidup/alam.

Ciri Khas Musik Arab

1) Melodi
Maqamat yaitu suatu melodi lagu yang terdiri atas sejumlah variasi melodi.
2) Sistem Nada
3) Struktur Ritme
Pola musik Arab, kurang lebih terdiri dari atas 48 pukulan dan secara khas sudah meliputi dum (ketukan beraksen,tesis) . Tanda diam (istirahat). dan taks (ketukan tidak beraksen,aksis).

Alat Musik (Instrument) Arab

1) Durbake (Tabla) adalah sejenis ketipung kecil yang terbuat dari membranohone.
2) Qanum adalah alat musik sejenis kecapi tradisional bangsa Mesir Kuno yang dibuat sejak abad ke-10.
3) Mijwiz (maqrum) adalah semacam clarinet buluh ganda.
4) Ud (Laud) adalah alat music berbentuk seperti gitar.
5) Buzuq merupakan alat music seperti viola pada violin pada instrument music Barat
6) Nay adalah sebuah seruling dari buluh tunggal dengan ujung terbuka yang umumnya terdiri dari enam lubang di bagian muka dan satu lubang di bawah ibu jari.
7) Daff (Rikk) adalah sejenis instrument music Arab yang bentuknya mirip dengan tambur (inggris).

Ragam atau Jenis Musik
1) Nyanyian Religi, diambil dari Alquran, berbentuk musik qasidah.
2) Musik Rakyat, music tradisi rakyat ini banyak ditemui di sepanjang daerah Arab, kaya akan permainan drum perkusi,dan nada pentatonik..
3) Nyanyian Populer, musik Arab populer merupakan perpaduan dari musik Religi. dan music Rakyat ditambah iringan keyboard elektrik yang khas.

Aliran Musik Arab

1) Arab R & B, Reggae, dan Hip
Ada juga naik R & B, reggae dan hip hop pengaruh musik Arab dalam lima tahun terakhir. Hal ini biasanya melibatkan rapper ditampilkan dalam sebuah lagu (seperti Ishtar dalam lagu dia ‘Habibi Sawah’).

2) Arabic electronica
Musik dansa elektronik dipengaruhi oleh gaya Amerika Utara, Eropa, Australia, dan negara-negara Barat lainnya. Seringkali, lagu dalam genre ini akan menggabungkan alat musik elektronik dengan instrumen tradisional Timur Tengah. Ada juga, juga, sejumlah klub malam di dunia Arab yang memainkan jenis musik ini.

3) Arabic jazz
Awal pengaruh jazz dimulai dengan penggunaan saxophone oleh musisi seperti Samir Suroor, dalam gaya “oriental”. Penggunaan saksofon dengan cara yang dapat ditemukan dalam lagu Abdel Halim Hafez’s, serta Kadim Al Sahir dan Rida Al hari ini Abdallah.

4) Arabic rock
Musik rock yang populer di seluruh dunia, dan dunia Arab tidak terkecuali. Ada banyak bahasa Arab band rock yang memadukan suara hard rock dengan instrumen tradisional Arab. Seperti Massar Egbari, Sahara, Wyvern dan Kartun Killerz di Mesir.